Hits

HIDUP ALA PEPATAH

Pernah denger pepatah yang bunyinya begini.. ”Jangan melakukan sesuatu dengan setengah-setengah” ? pasti pernah dong.. Nah gua punya pengalaman buruk sama pepatah yang satu ini, mungkin lebih tepat lagi kalo gua sebut sebagai pengalaman yang sangat amat sangat buruk sekali banggget. Kenapa bangggget ? karena ini berhubungan ama kuliah gua, masa depan gua.. masa depan calon pemimpin bangsa ini ( mulai ngawur).

Nah, kronologis kejadiaannya tuh begini, beberapa minggu lalu ada tugas mata kuliah xxx ( Nama mata kuliah ini disamarkan demi kelangsungan hidup gua di fasilkom), sebagai penganut aliran garis mati (baca : deadliners) maka gua santai-santai aja menghadapi tugas semacam ini. Toh gua punya prinsip, seseorang bakal mengerahkan kemampuan luar biasanya ketika berada dalam keadaan terdesak, khususnya terdesak oleh waktu.. hehehe. Disaat beberapa temen-temen lain ngerjain tugas, gua malah asyik browcing-browcing makan cacing di lab. Yang lebih parah lagi, H-3 sebelum pengumpulan aja gua belum unduh tu soalnya. Waktu di lab, temen yang duduk sebelah gua kan lagi serius-seriusnya ngerjain tuh, tiba-tiba dia ngajak diskusi tentang tugasnya gitu... waduh tengsin nih kalo sampe ketahuan belum ngerjain tugas. Yah, tapi dengan sedikit senyam-senyum plus ” YA”, ”Oh, gitu”, ” kalo menurut gua sih..” dan beberapa kosakata khas Listener sejati akhirnya gua bisa lolos dari malu.

Nah, dari diskusi singkat tadi gua jadi punya gambaran tentang soalnya. Alamaaak.... Luar biasa, ternyata soalnya sulit juga. Gua langsung unduh soalnya saat itu juga dan bertekad bahwa malam itu gua bakalan lembur buat ngerjain soalnya. Yah, tapi sepandai-pandainya tupai meloncat, deadliner tetaplah deadliner (lhoo??) malam itu entah kenapa tiba-tiba semangat gua yang tadi siang udah lompat-lompat jingkrak-jingkrakan tiba-tiba jadi serasa tidur pules. Jadi tidur beneran dah gua malem itu, ga jadi ngerjain tugas. Nah, keesokan harinya gua baru mengeksplor tugas itu, buseet dah ampe jungkir balik semaleman, masih ada aja yang kurang dari tugas gua.

Singkat cerita, akhirnya sampe hampir batas akhir pengumpulan tugas, tugas gua masih ada yang kurang. Terpaksa deh, mau ga mau ya harus ngumpulin tugas yang sedikit belum sempurna itu. Gua menuju warnet buat ngupload tugas. Namun tuhan berkehendak lain, di warnet ada seorang temen, namanya sebut saja bunga (nama samaran) yang juga lagi ngumpulin tugasnya. Iseng, gua cerita ama dia kalo tugas gua masih ada yang kurang, sapa tau dia mau men-share(istilah kerennya) tugasnya. Diluar dugaan, ternyata dia mau!! Oh.. benar-benar bagaikan makan buah simalakama, dimakan gua berdosa, ga dimakan nilai tugas gua bakal berkurang. Peperangan pun terjadi dalam otak, antara kubu yang pro buat ngambil tugas temen ama kubu yang kontra. Dan demi Kebaikan (kebaikan nilai gua maksudnya) akhirnya gua mutusin buat ambil tugas dia. Gua kumpulin tuh tugas.

Namun derita dan cobaan belum berakhir, keesokan harinya gua baru nyadar kalo ternyata file tugas yang gua kumpulin itu belum gua rename, alias masih atas nama temen gua!!! Tidak.... selama beberapa hari tu bawaannya gua jadi mau muntah muntah terus.

Aku mau makan... Ingat kamu

Aku mau tidur... Ingat kamu

Aku mau B*k*r... Ingat kamu

O Tugas... Mengapa semua serba kamu???

Nyesel banget dah rasanya, andaikan gua tetep ngumpulin tugas yang gua bikin pasti kejadiannya ga bakal begini. Tiba-tiba ada suara pepatah aneh bergema... ” Wahai anak manusia .. Janganlah melakukan sesuatu dengan setengah-setengah ” Wah gua pikir-pikir , bener juga apa yang dibilang suara aneh ini, kalo kita melakukan sesuatu dengan setengah-setengah pasti akhirnya bakalan kacau. Kalo dari awal emang mau ngerjain tugas, seharusnya gua kerjain dengan rajin. Sebaliknya, kalo emang mau ngopy tugas orang lain, ya jangan kerjain tugasnya sekalian... Ngopy aja kok repot?? (pepatah ala Gus Dur)



[get this widget]

2 komentar

Anonim mengatakan...

Lho. koq kejadiannya sama kayak si ebi.. Apa jangan2 lw satu kelompok sama si Ebi ya? si Ebi juga lupa di rename tuh tugasnya
wakakakakaka...

Anonim mengatakan...

wah, kok ada yang bernasib sial sama seperti gw y? ini pasti ulah blogger dan hacker..huauauaua