Hits

Global Warming : Countdown for 'K' Day

Pernahkah kita membayangkan apa yang sebenarnya kita lakukan terhadap bumi ketika kita naik kendaraan bermotor ke kantor atau ke sekolah? Pernahkah kita membayangkan apa akibat yang kita timbulkan ketika kita menggunakan tissue? dan apakah itu semua ada kaitannya dengan hari Kiamat/kemusnahan kita di bumi ini kelak? Mungkin saja, selalu ada peluang untuk itu karena setiap hal-hal kecil yang kita lakukan, dapat merubah nasib dunia kelak. Memang, contoh-contoh kecil diatas tidak ada kaitan langsungnya dengan kemusnahan atau kerusakan bumi ini, namun hal-hal diatas dapat menyebabkan bertambah parahnya pemanasan global atau istilah kerennya adalah Global warming. Kendaraan bermotor yang kita naiki akan menghasilkan sisa pembakaran yang berupa gas karbon, dan gas ini adalah penyebab utama dari pemanasan global, Dan bisa kita bayangkan ada berapa banyak kendaraan bermotor di muka bumi ini. Bagaimana dengan tissue? Yah, mungkin kita sudah tahu tissue itu adalah sejenis kertas yang fungsinya untuk mengelap keringat atau sejenisnya, namun apakah kita tahu apa sebenarnya bahan dasar dari pembuatan tissue? Pohon.. yah, dan bisa kita bayangkan untuk selembar tissue yang kita gunakan, kita telah membantu menebang satu pohon yang sangat berharga untuk menyerap gas karbon yang menjadi penyebab pemanasan global. Dan masih banyak hal-hal kecil lainnya yang dapat menyebabkan pemanasan global, kalau reza jelasin disini pasti ga bakalan cukup.

Pemanasan global memang sebuah kata yang sering kita dengar akhir-akhir ini, namun apakah teman-teman tahu apa sebenarnya arti dari pemanasan global? Sama dengan arti harfiahnya, pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi. Dan yang menjadi penyebab utama pemanasan global adalah berlebihnya gas CO2, Metana, dan konco-konconya yang disebut gas rumah kaca yang menyebabkan pantulan sinar matahari oleh permukaan bumi tidak dapat kembali ke luar angkasa dengan semestinya, karena di pantulkan secara berlebihan kembali ke bumi oleh gas rumah kaca yang ada di atmosfer. Mengapa saya menyebut secara berlebihan? karena sebenarnya kita sangat butuh pemanasan global untuk menjadikan bumi ini tidak dingin dan beku, namun pemanasan yang terjadi belakangan ini sudah sangat berlebihan akibat ulah kita manusia yang seenaknya membangun peradaban yang tidak memikirkan akibat yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Dan, kita sebagai bangsa indonesia ada diperingkat ketiga dunia sebagai aktor utama penyebab pemanasan global, selain itu kita juga adalah bangsa peringkat satu di dunia yang mengalami kerusakan hutan terbesar. Ironis memang, kita bangsa indonesia yang digadang-gadang sebagai paru-paru dunia malah menjadi salah satu aktor terbesar pemanasan global.

Mungkin teman teman masih ingat, pada pelajaran IPS di sekolah dasar dulu pernah diajarkan tentang musim-musim di Indonesia, ya.. musim hujan terjadi pada sekitar bulan X sampai Y, dan musim kemarau sekitar bulan P sampai Q. Namun sekarang kenyataannya bagaimana? musim hujan dan kemarau seaakan tidak bisa diprediksi lagi kapan terjadinya, namun teman-teman jangan heran, karena perubahan iklim ini adalah sebagian kecil akibat dari ' Karya seni terbesar' yang pernah diciptakan oleh kita manusia, Global warming. Dan hal ini sangat merugikan bangsa kita, karena negara kita adalah negara agraris, negara yang bergantung dari hasil taninya. Bagaimana sektor pertanian dapat berjalan dengan baik, jika iklim saja sudah susah untuk diprediksikan lagi. Dan bukan hanya itu saja dampak dari global warming, masih banyak yang lain, salah satunya seperti naiknya tinggi permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub, kalau teman-teman pernah liat film 'The Day After Tomorrow' yah.. kurang lebih kejadiannya akan sama seperti itu jika Es di kutub pada mencair. Dan ada satu dampak yang paling menyeramkan, menurut Jurnal Nature 2004, kenaikan suhu sebesar :

~ 0.8 - 1.7 °C, sebanyak 9-13% spesies akan punah dengan tingkat yang beragam.
~ 1.8 - 2.0 °C , sebanyak 15-20% spesies akan punah.
~ Diatas 2.0 °C , sebanyak 21-32% spesies akan punah.

Dan perlu teman-teman ketahui, semenjak terjadinya revolusi industri, kenaikan suhu rata-rata dipermukaan adalah 0,7 °C. Apakah teman-teman bisa memprediksikan berapa kenaikan suhu yang akan terjadi di masa mendatang? Yang pasti akan lebih besar dari angka itu.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global ini? tentunya kita harus melakukan perubahan pada gaya hidup kita, mulai dari hal-hal kecil seperti penggunaan tissue tadi barulah kita beranjak pada perubahan yang lebih besar. Ingat, untuk merubah dunia, ubahlah diru terlebih dahulu. LETS SAVE OUR LIFE, LETS SAVE OUR EARTH.

[get this widget]

0 komentar